Selasa, 01 September 2009

Prosesi hari jadi Kabupaten Trenggalek ke 815




Senin 31 Agustus 2009 adalah puncak perayaan hari jadi Trenggalek, bertempat di Pendopo Kabupaten dilangsungkan prosesi hari jadi serta kirab pusaka mengelilingi alun-alun. Seluruh tamu dan undangan pada acara ini diwajibkan mengenakan pakaian tradisional jawa, begitu juga dengan seluruh dialog pada prosesi menggunakan bahasa jawa.
Prosesi diawali dengan penyerahan pusaka serta bendera kabupaten oleh Bupati Trenggalek H. Soeharto kepada Wakil Bupati Mahsun Ismail S.Ag MM untuk diarak mengelilingi alun-alun Trenggalek. Kirab Pusaka tersebut diiringi oleh puluhan penabuh rebana berbusana muslim putih-putih.

Prosesi hari jadi dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Kabupaten Trenggalek oleh Slamet Rijanto S.Sos MM, kemudian dilanjutkan dengan “udik-udik”, yaitu pembagian uang receh Rp. 500 sejumlah Rp. 815.000 oleh H. Soeharto. Prosesi diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Bupati bersama Ibu, potongan tumpeng tersebut diberikan kepada pasangan suami istri Muyadi & Mitun warga Desa Sumberdadi mewakili warga Trenggalek. Kegiatan prosesi ditutup dengan pembagian Tumpeng Agung kepada warga Trenggalek yang menyaksikan prosesi hari jadi.

0 komentar:

Posting Komentar