Senin, 14 September 2009

Safari Ramadhan Badan Nasional Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di Pendopo Kabupaten Trenggalek


Dalam rangka Safari Ramadhan BNP2TKI, pada Sabtu 12 September 2009 Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat hadir di pendopo Kabupaten Trenggalek. Kegiatan Safari ini dihadiri oleh jajaran Muspida Kabupaten Trenggalek, Muspika Trenggalek, beberapa pejabat struktural pemkab trenggalek, perwakilan pengerah jasa tenaga kerja, serta calon dan mantan Tenga Kerja Indonesia (TKI).
Berdasarkan data yang diperoleh, sampai tahun 2008 penempatan tenaga kerja ke luar negeri dari kabupaten Trenggalek sebanyak 2.472 orang, dengan tujuan Timur Tengah, Asia/Arab Saudi, Singapura, Hongkong, Malaysia, Taiwan dan Korea Selatan. Devisa yang didapatkan Kabupaten Trenggalek dari pengiriman TKI tersebut sebesar 7.5 Milyar rupiah. Berdasarkan data tersebut H. Soeharto berharap, agar terbentuk kerjasama dengan BNP2TKI yang dapat memberi manfaat lebih, khususnya kepada mantan TKI atau calon TKI yang akan berangkat. “Kerja sama tersebut dapat berbentuk bantuan pembiayaan atau permodalan,” Imbuh beliau.
Pada kesempatan tersebut Moh Jumhur Hidayat menyampaikan bahwa pemerintah akan fokus kepada pengiriman tenaga kerja profesional di luar penata laksana rumah tangga. Hal ini berdasarkan fakta bahwa lapangan kerja di luar negeri masih banyak membutuhkan tenaga kerja terampil, seperti : perawat, sopir, tenaga operator pabrik dsb. Safari Ramadhan ini juga menjadi ajang diskusi bagi para calon TKI, pihak BNP2TKI serta Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

0 komentar:

Posting Komentar