Kamis, 07 Januari 2010

Rapat Anggota Tahunan KSU SUMBER MAKMUR Munjungan

Pada 5 Januari 2010, bertempat di Desa Masaran Kecamatan Munjungan, diselenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSU “Sumber Makmur”. Dalam rapat ini dihadiri oleh Bupati Trenggalek H. KRA. Soeharto Hadiningrat, Kepala Dinas Koperindag dan Tamben Drs. Hermanto, serta Muspika Kecamatan Trenggalek.

Dalam rapat tersebut diagendakan dua hal, yaitu : membahas rancangan program kerja dan RAPB tahun 2010 serta laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas tahun buku 2009. Berdasarkan data, KSU yang didirikan pada tahun 2004 ini memiliki total aset sebesar 5.6 Milyar rupiah, dengan pendapatan selama tahun 2009 senilai Rp. 634.429.926,00. Dengan pendapatan tersebut setelah dikurangi biaya operasional sebesar Rp. 514.292.363,00 maka diperoleh keuntungan bersih (Sisa Hasil Usaha) senilai Rp. 120.137.563,00. Pendapatan sebesar 120 juta tersebut diperoleh dari usaha yang berupa unit usaha simpan pinjam, unit pertokoan serta unit persewaan terop, kursi dll. Namun tidak lama lagi usaha koperasi yang dijalankan oleh 104 anggota ini akan ditambah dengan unit usaha pabrik es yang akan segera beroperasi.

Dalam sambutannya H. Soeharto menghimbau agar koperasi-koperasi di Trenggalek mengembangkan konsep-konsep baru dalam usaha mengoptimalkan potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Trenggalek. Beliau juga menegaskan agar laporan pertanggung jawaban pengurus tahun 2009 untuk dikoreksi serta dievaluasi, agar peningkatan atau penurunan kinerja dapat segera diketahui dan ditindak lanjuti.

Dalam akhir sambutannya Bupati Trenggalek menyarankan beberapa hal, yaitu : agar koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya, koperasi perlu selalu mengingkatkan semangat swadaya dalam pemupukan modal sendiri, koperasi harus dikelola sesuai jati dirinya “dari-oleh dan untuk anggota”, dan koperasi harus betul-betul mandiri dan harus bisa bersaing dalam situasi perekonomian global agar koperasi sebagai pelaku ekonomi menjadi soko guru perekonomian Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar