Selasa, 06 April 2010

AKSI PENGHIJAUAN DI GUA NGERIT



Dengan semakin ketatnya kompetisi kehidupan yang menyebabkan rasa jenuh maka kini ada sebuah tuntutan untuk kembali ke alam. Oleh karena itu sektor pariwisata yang berkaitan dengan wisata alam semakin diminati oleh pengunjung . Berkaitan dengan hal tersebut masyarakat Desa Senden Kecamatan kampak berinisiatif menghidupkan kembali wisata alam Gua Ngerit yang pernah populer di tahun-tahun yang lalu.

Inisiatip tersebut diwujudkan dengan menghijaukan kembali lokasi di sekitar Gua ngerit. Pada hari jum’at, 2 april 2010 Bupati Trenggalek H. Soeharto berkenan menandai dimulainya aksi penghijauan. Kegiatan ini juga diikuti oleh kepala dinas, Muspika kecamatan Kampak, para siswa SD dan SMP, para guru, kelompok LMDH dan masyarakat lainnya.

Dalam laporannya ketua LMDH Sumarji menyatakan bahwa upaya menghidupkan kembali wisata Gua Ngerit ini sudah sangat mendesak mengingat bahwa lokasi ini merupakan jalur antara Trenggalek-Watulimo yang merupakan akses jalur wisata kawasan pantai Prigi. Gua Ngerit juga merupakan salah satu sumber cerita tutur yang menjadi kebanggaan budaya di Trenggalek. Oleh karena itu sudah tepat jika Wisata Gua Ngerit dihidupkan kembali.

Bupati Trenggalek H. Soeharto dalam kata sambutannya menekankan bahwa penghijauan yang dilakukan atas inisiatip masyarakat Desa Senden ini patut diacungi jempol. Namun demikian maksud baik ini setidaknya harus diimbangi dengan menjaga kelangsungan lestarinya hutan yang hijau di kawasan Goa Ngerit.Tujuan awal untuk menghidupkan wisata Gua Ngerit nantinya akan ditindak lanjuti dengan menghijaukan lahan yang lebih luas.

Acara ini ditandai dengan penanaman pohon sawo oleh Bupati Trenggalek H. Soeharto didampingi oleh Ibu Wahyu P. Soeharto yang diikuti oleh segenap undangan yang hadir. Sedangkan untuk pohon penghiajuan selain sawo juga ditanan pohon buah-buahan, sengon, mahoni dan sebagainya.

1 komentar:

  1. ya!! dengan kondisi hutan yang seperti sekarang ini kia semestinya harus prihatin dan peduli dengan hutan kita..../

    BalasHapus