Rabu, 22 September 2010

Wakil Bupati Trenggalek Membuka Festival Turonggo Yakso

Puncak acara peringatan HUT Proklamasi dan Hari Jadi ke 816 Kabupaten Trenggalek, panitia menggelar Festival Turonggo Yakso, pesta kembang api dan pagelaran wayang kulit di Alun-Alun Kabupaten Trenggalek. Festival Turonggo Yakso dilaksanakan mulai tanggal 21 September 2010 berakhir pada tanggal 24 September 2010 dan diikuti sebanyak 24 grup. Demikian antara lain laporan Ketua Panitia Festival Turonggoyakso, Ir. Ekanto Mali Purbowo.

Lebih lanjut dikatakan, pada hari pertama festival akan menampilkan 6 grup, hari kedua 9 grup, hari ketiga 8 grup dan hari ke empat satu grup serta dilanjutkan dengan pesta kembang api dan pergelaran wayang kulit bersama dengan H. KRA. Ir. Warseno Slank, M.Si dengan mengambil lakon Wahyu Katentreman.

Wakil Bupati Trenggalek H. Mahsun Ismail, S.Ag, MM dalam sambutannya antara lain mengatakan, festival ini disamping meningkatkan apresiasi juga melestarikan budaya bangsa yang mempunyai nilai luhur sebagai warisan pendahulu kita. Kita sebagai generasi penerus berkewajiban untuk melestarikan serta meningkatkan budaya tersebut agar tidak punah, karena disamping sebagai tontonan sekaligus merupakan tuntunan yang bisa kita ambil dari festival Turonggo Yakso, karena di dalamnya menggambarkan seseorang yang bisa mengendalikan hawa nafsu. Pada akhir sambutannya wakil Bupati mengharapkan nilai-nilai luhur ini harus kita pelihara serta materi-materi tarian harus kita tingkatkan.

0 komentar:

Posting Komentar