Selasa, 27 Juli 2010

Pemkab Trenggalek Gelar Lomba Mocopat dan Musikalisasi Puisi Tingkat SLTP dan SLTA

Dalam rangka memperingati HUT RI ke -65 dan Hari Jadi Trenggalek ke -816, Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Selasa 27 Juli 2010, menyelenggarakan  Lomba mocopat tingkat SLTP dan SLTA serta Lomba baca puisi (musikalisasi puisi) tingkat SLTP dan SLTA.

Untuk lomba mocopat yang bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek diikuti oleh siswa dari SLTP dan SLTA se- Kabupaten Trenggalek.  Dalam teknisnya, peserta lomba mocopat diharuskan untuk menyajikan satu tembang wajib antara lain tembang wajib mijil, laras pelog serta pathet barang serta diperbolehkan untuk menampilkan satu tembang pilihan dihadapan para juri.

Sementara itu, bertempat di Sanggar Pramuka juga digelar Lomba baca puisi (musikalisasi puisi) tingkat SLTP dan SLTA.  Diikuti oleh SLTP dan SLTA se-Kabupaten Trenggalek, lomba musikalisasi puisi ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama, lomba musikalisasi puisi akan digelar untuk tingkat SLTP. Sedangkan, untuk tingkat SLTA akan dilaksanakan dalam tahap berikutnya.

Pedoman yang dipegang juri dalam penilaian lomba musikalisasi puisi adalah harmonisasi orkestra yang diekspresikan. Namun, tetap fokus pada pembaca puisi bagaimana mengekspresikan orkestra, musikalisasi, irama terkait harmonisasi dalam puisi tersebut.  Sedangkan, terkait dengan harmonisasi puisi, para juri akan memperhatikan tentang penampilan, teknik vocal, harmonisasi dan komposisi.

0 komentar:

Posting Komentar