Rabu, 30 Juni 2010

Bupati Trenggalek Hadiri Forum Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban (APMCHUD)



Kabupaten Trenggalek kembali berpartisipasi dalam forum Internasional. Pada tanggal 22-24 Juni 2010 lalu, Bupati Trenggalek, H.Soeharto menghadiri acara Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban (APMCHUD) di Solo. Forum yang dihadiri oleh Negara-Negara se-Asia pacific ini akan membicarakan masalah-masalah dibidang penanganan urbanisasi termasuk sanitasi dan air bersih.

Dalam konferensi yang diselenggarakan di Solo tersebut, negara – negara peserta APMCHUD yang terdiri dari Indonesia, Qatar, Iran, India, Pakistan, China dan Armenia dikelompokkan dalam 5 kelompok kerja (Working Group) dengan tema pembahasan antara lain Community Participation in Planning and Governance, Participatory Urban Slum Upgrading, Delivery of MDGs for Water and Sanitation, Financing Sustainable Housing and Urban Development, dan The Role of Communities in Addressing Climate Change. Terkait dengan hal itu, menurut keterangan dari H.Soeharto, KabupatenTrenggalek masuk dalam group 3(tiga) yang membahas tentang Delivery of MDGs for Water and Sanitation. Dalam kelompok kerja tersebut H. Soeharto memaparkan tentang program ODF(Open Defecation Free) yang telah dicanangkan sejak 2008. Menurutnya, program kawasan terbebas dari buang air besar ini telah didukung sepenuhnya oleh masyarakat Trenggalek. “Masyarakat Trenggalek cukup responsive terhadap program ODF, karena mereka sadar betul, apa saja efek atau dampak ketika program ini tak dilaksanakan.”katanya.

Dalam rangka mensukseskan program ODF, Soeharto turut memaparkan tentang beberapa langkah konkrit yang telah diupayakan Pemerintah Kabupaten Trenggalek diantaranya melakukan sosialisasi secara berkelanjutan. Tak lupa, dalam setiap pertemuan selalu mengingatkan masyarakat agar tidak buang air besar di sembarang tempat. Selain itu, mengingatkan pula tentang pentingnya sanitasi dan air bersih kepada masyarakat.

Tak kalah pentingnya, forum yang mengangkat tema Empowering Communities for Sustainable Urbanization: Strengthening Local Capacity for Building Local Economy and Adapting to Climate Change, berdasarkan keterangan dari H. Soeharto telah berhasil menghasilkan keputusan bersama yakni meminta komitmen kepala daerah untuk mensukseskan program ODF atau sanitasi. Hal ini sejalan dengan tujuan konferensi APMCHUD itu sendiri yaitu sebagai wadah mekanisme konsultasi untuk pembangunan perkotaan berkelanjutan, untuk menghadapi berbagai tantangan global, dan mendorong pengelolaan pemerintahan yang baik (good governance) di kawasan Asia Pacific.

0 komentar:

Posting Komentar